The Blog

KOTA JANTHO, isbiaceh.ac.id –  Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVII Tahun 2024 resmi dibuka Senin (2/9/2024) pagi di Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Jakarta.

Acara ini dihadiri Ketua Umum Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Pusat, Sri Suning Kusumawardani,  Kepala Pusat Prestasi Nasional, Maria Veronica Irene Herdijono, dan Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof Dr Komaruddin MSi.

Dalam sambutannya, Rektor UNJ menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta dari berbagai perguruan tinggi bersama pengurus BPSMI se-Indonesia.

“Selamat datang di UNJ, salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Ibu Kota Negara.

Kami berharap, pertandingan dan perlombaan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi BPSMI daerah masing-masing dan perguruan tingginya,” kata Rektor UNJ.

Menurut Prof Komaruddin, soal menang atau kalah dalam sebuah pertandingan, itu hanyalah apresiasi yang akan terus dipergilirkan.

“Setelah ini, lomba akan dimulai, persembahkan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Prof Komaruddin.

Sementara itu, Koordinator Kerja Sama, Humas, dan Penerbitan ISBI Aceh, Ichsan MSn mengatakan, ISBI Aceh hadir ke ajang Peksiminas ini menjadi salah satu bagian dari BPSMI Provinsi Aceh.

Selain ISBI Aceh, ada beberapa perguruan tinggi lain di Aceh yang juga hadir mewakili BPSMI Aceh.

Dari ISBI Aceh, kata Ichsan, ada enam tangkai lomba yang diikuti, yakni lagu dangdut, keroncong, penulisan lakon, seni lukis, komik strip, dan fotografi.

Berlian Denada MSn selaku Koordinator Prodi Seni Karawitan yang juga pembimbing salah satu tangkai lomba kepada Serambinews.com menyebutkan bahwa kontingen ISBI Aceh memasang target akan memboyong enam piala dari enam tangkai lomba yang diikuti mahasiswa-mahasiswai ISBI.

“Hal ini bukan hanya untuk memberi semangat tinggi kepada mahasiswa kami, melainkan kami ikhtiarkan setinggi-tingginya capaian prestasi,” kata Berlian Denada.

“Hingga saat ini, kami masih terus membimbing dan melatih anak-anak kami untuk dapat mempersembahkan yang terbaik, yakni juara,” ujarnya.

Menurut informasi terbaru, Peksimnas yang digelar di UNJ ini tetap berlangsung 2 – 6 September 2024.

Beberapa tangkai lomba memang ada pergeseran jam pelaksanaan, tetapi tidak mengubah hari yang sudah ditetapkan panitia lomba.

Kehadiran ISBI Aceh, kata Berlian, tentu menjadi salah satu warna tambahan bagi Pekan Seni Mahasiswa Nasional tahun 2024.

“Sebagai pembimbing dan kaprodi, kami diamanahkan oleh pimpinan kami, Rektor ISBI Aceh, Prof Dr Wildan untuk melakukan yang terbaik. Lalui semua proses dan sokong mahasiswa, itu pesan pimpinan kepada kami,” ungkapnya.

“Bagi kami, juara adalah spirit utama, kami akan berusaha dan berdoa semoga kami dapat memborong semua juara pada tangkai lomba yang kami ikuti,” kata Berlian.

“Kami tidak hanya akan mempersembahkan kepada rektor kami, tapi juga untuk Aceh dan untuk Indonesia,” kata Denada yang juga merupakan pembimbing tangkai lomba keroncong dari BPSMI Provinsi Aceh. (*)