The Blog

BANDA ACEH, isbiaceh.ac.id  –   Institut Seni Budaya Indonesia, ISBI Aceh (19/08/2024) menghadirkan salah satu mahasiswa yang sedang berkuliah S3 di Podcast ISBI Aceh.

Di Podcast ISBI Aceh atau yang lebih dikenal dengan Meudrah, Gustira Monita dipandu Host Bang Zaki membahas seputar perkuliahan di Rusia dan pahit manis dalam memperoleh beasiswa.

Ketika ditanya host, Monita menyebutkan, saya asli Indonesia, Aceh tepatnya di Bener Meriah. Di Rusia sudah cukup lama, karena sebelum S3, S2 juga di Rusia.

Beasiswa yang saya peroleh, itu dari Pemerintah Rusia. Ketika ditanya mengapa, mengapa tidak menggunakan beasiswa Indonesia atau Aceh, Monita hanya menyebutkan, mungkin sudah jalan dan takdirnya. Jadi apa yang saya peroleh saya syukuri saja.

Monita yang berbagi informasi tentang dirinya dan perjalannya ke Rusia, juga mengajak masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Aceh untuk terus belajar, di rusia ada banyak beasiswa yang dapat diperoleh dengan komitmen kuliah yang serius.

Beasiswa cukup untuk biaya hidup dan perkuliahan. Biaya hidup disana mahal, tapi selama tidak foya foya, beasiswa cukup untuk hidup dan kuliah. Untuk penginapan, Pemerintah menyiapkan asrama, kata Monita.

Saat ditanya minat balik ke Indonesia, Monita menyebutkan, lihat situasi dan keadaan, jika peluang ada, tentu kembali, bagaimana mungkin tidak kembali, keluarga besar disini dan Aceh tanah lahirku.

Saya hanya berharap kepada Pemerintah Indonesia khususnya Aceh, supportlah kami yang sedang menimba ilmu untuk kemajuan SDM Aceh, beri jalan kami bila kami kembali. Kami berharap kami dapat mengabdi di bumi persada ini, tutup Monita dalam harap.